Pengertian
Office Automation (OA)
Secara
etimologis kantor berasal dari Belanda: “kantoor”,
yang maknanya: ruang tempat bekerja, tempat kedudukan pimpinan, jawatan
instansi dan sebagainya. Dalam bahasa Inggris “office”
memiliki makna yaitu: tempat memberikan pelayanan (service), posisi, atau ruang
tempat kerja. Sedangkan , Automation
(Otomatisasi) adalah penggunaan mesin untuk menjalankan tugas fisik yang
biasa dilakukan oleh manusia.
Jadi,
Office Automation (OA) adalah semua
sistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi
informasi kepada dan dari orang yang berada didalam maupun diluar perusahaan, untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan
proses pelaksanaan pekerjaan demi meningkatkan produktivitas pekerjaan.
Tujuan OA :
1.
Penggabungan
dan penerapan teknologi
2.
Memperbaharui
proses pelaksanaan pekerjaan di kantor
3.
Meningkatkan
produktifitas dan efektifitas pekerjaan
Tujuan OA masa kini
1.
Pendapatan yang Lebih
Tinggi versus Penghindaran Biaya.
Komputer tidak menggantikan pekerja saat ini,
tetapi komputer menunda penambahan pegawai yang diperlukan untuk menangani
beban kerja yang bertambah.
2.
Pemecahan masalah
Kelompok.
Cara OA berkontribusi pada komunikasi ke dan
dari manajer membuatnya sangat cocok diterapkan untuk memecahkan masalah
kelompok.
3.
Pelengkap – Bukan
Pengganti.
Sebagai suatu cara komunikasi bisnis, OA bukan
tanpa keterbatasan. OA tidak akan menggantikan semua komunikasi interpersonal
tradisional – percakapan tatap muka, percakapan telepon, pesan tertulis pada
memo, dan sejenisnya. OA harus bertujuan melengkapi komunikasi tradisional.
4.
Memaksimalkan kinerja
pegawai dan meningkatkan efisiensi serta efektifitas dalam pembukuan surat
5.
Menghilangkan
duplikasi pekerjaan pembukuan surat;
6.
Menghilangkan fungsi
kurir dalam distribusi atau disposisi;
7.
Mempercepat pengerjaan
surat masuk;
8.
Memudahkan dalam
mencari sebuah surat;
9.
Pembagian distribusi
yang jelas;
10. Efisiensi penggunaan kertas.
Office
Automation yang selanjutnya kita sebut adalah segala yang merujuk pada semua
alat dan metode yang diterapkan untuk kegiatan kantor yang memungkinkan dalam pemrosesan kata,
gambar dan suara dengan komputer. Atau penggunaan alat elektronik untuk
memudahkan komunikasi formal dan informal terutama berkaitan dengan komunikasi
dengan orang-orang di dalam dan di luar perusahaan untuk meningkatkan
produktivitas kerja.
Dengan
komponen OA:
1. Data (Text, Audio, Grafik,
Multimedia)
2. User (Manager, Profesional,
Sekretaris, Pegawai Administratif)
3. Tools (Computer Based & Non
Computer Based)
4. Sub System :
1.
EPS (Electronic Publishing System) adalah Sistem yang mengatur bagaimana mempublikasikan /
manampilkan seuatu informasi ke format yang tepat (Word Processing dan Dekstop
Publishing)
2.
IPS (Image Processing System) adalah system yang mengatur bagaimana memproses
data maupun informasi dalam format grafik / gambar (Create Chart, Create,
Retouching image(Photoshop, corel, GIMP, dll))
3.
ECS (Electronik Communication System) adalah pemanfaatan segala jenis alat
komunikasi elektronik (E-mail, chatting/teleconference, Fax/WinFax)
4.
OMS (Office Management System) adalah sistem yang mengatur bagaimana
memanfaatkan sumberdaya dalam suatu perkantoran secara optiomal (E-Office
Accounting System, E-Schedulling, Task Management).
5.
ECS (Electronic Collaboration System) adalah Sisem yang mengatur bagaimana
melakukan kolaborasi secara elekronik (Discussion Group, Document Sharing,
Mailing List)
Ada
beberapa tujuan yang diharapkan dari pengoperasian Office Automation antara
lain :
Hal-hal
yang perlu diperhatikan dari pengoperasian aplikasi OA ialah:
- Pembiasaan
pola kerja dengan menggunakan Komputer;
- Dengan
aplikasi OA ini maka harus dilakukan perubahan pola kerja dari
yang biasa berhadapan dengan kertas dokumen, sekarang menjadi berhadapan
dengan computer;
- Disposisi
akan langsung diberikan melalui jaringan komputer sehingga seluruh
pengguna harus secara periodik memeriksa komputer, apakah ada disposisi
baru.
Proses
otomasi, antara lain:
- Penerimaan
surat masuk, mencakup proses scanning surat masuk, pencatatan
dan pengklasifikasian surat masuk, serta pemberian nomor agenda surat
masuk oleh aplikasi.
- Disposisi
surat, mencakup proses pemilihan tujuan disposisi, pengiriman disposisi,
dan pemberian notifikasi kepada penerima disposisi.
- Pembuatan
surat, mencakup proses pengajuan konsep surat, koreksi terhadap konsep
surat tersebut, dan persetujuan konsep surat menjadi surat keluar.
- Pencetakan
surat keluar yang sudah disetujui untuk ditandatangani dan dilakukan
penomoran surat keluar
- Perekaman
surat yang sudah ditandatangani dan diberikan cap basah ke dalam aplikasi.
Jika
organisasi memiliki sebuah tim yang bagus untuk sebuah proyek, namun mereka
berada di tempat yang berjauhan, ada yang berada di Indonesia bagian timur, ada
yang berada di Indonesia bagian barat, ada yang sedang berada dalam perjalanan,
dan sementara itu, seorang manajer harus mengendalikan kelompok telekomuter dan
para pegawai yang berjumlah sedikit namun seringkali harus berdinas luar.
Kondisi tersebut mustahil untuk melakukan koordinasi dalam rangka mencapai
tujuan organisasi, apabila akan dijangkau secara fisik. Namun dengan kemajuan
Information Tekhnology (IT) koordinasi tersebut menjadi sangt mungkin untuk
dilakukan. Dengan hanya akses Intereet pada situs yang sama, maka semua orang
tersebut dapat melakukan komunikasi secara langsung sebagai bentuk dari koordinasi
dalam dunia maya (virtual word), dengan kata lain telah terjadi koordinasi dalam
"kantor elektronik" di Website. Alternatif lain yang menawarkan
solusi dalam melakukan koordinasi melalui IT adalah dengan membuat kantor maya
(virtual office) di Web. Biayanya relatif murah dan bahkan semua orang dengan
koneksi Internet dapat menjadi bagian darinya. Virtual Office merupakan
lompatan dari teknologi informasi. Kalau ditinjau lebih mendalam, virtual
office berangkat dari kebutuhan kepraktisan dan efisiensi di bidang komunikasi
data. Untuk menciptakan keunggulan kompetitif, organisasi mutlak harus
menguasai informasi lebih awal, akurat, dan komprehensif. Hal ini akan terwujud
apabila pertukaran informasi dapat dilakukan dengan baik. Berbagai penyempurnaan
peralatan dilakukan dalam melaksanakan pertukaran informasi, mulai dari yang
sifatnya manual dan kasat mata menjadi serba otomatis dan tidak kasat mata
(virtual). Otomatisasi sebenarnya dimulai di pabrik dan pada akhirnya menyebar
ke kantor dalam bentuk otomatisasi kantor (office automation), atau lebih dikenal
dengan istilah OA. Pada awalnya, OA dimaksudkan untuk membantu pekerjaan yang
bersifat adminsitratif (clerical), tetapi karena kemampuan OA untuk memudahkan
komunikasi formal dan informal dengan orang-orang di dalam dan di luar
perusahaan menarik para manajer dan profesional sebagai pemakai, maka selanjutnya
semua pemakai ini menggunakan OA untuk meningkatkan produktivitas kerjanya.
Penyempurnaan sistem dan media
dalam komunikasi data, memungkinkan pegawai tertentu untuk melakukan sebagian
atau seluruh pekerjaannya di mana saja, termasuk di rumah masing-masing.
Semakin banyak pegawai yang bekerja di rumah dan berkomunikasi dengan kantor
mereka melalui media komunikasi, seperti surat elektronik (e-mail) dan
transmisi faksimil (fax), maka tidak lagi diperlukan kantor yang secara fisik
memerlukan space yang luas dan sarana yang komplit. Apabila suatu perusahaan
melaksanakan pekerjaan kantornya dengan cara ini, tempat kerjanya disebut
sebagai kantor maya. Teknologi yang memungkinkan adanya kantor maya adalah OA.
OA dapatditerapkan di berbagai bidang, di mana sebagian memerlukan penggunaan
komputer,namun ada bagian lain yang tidak memerlukan komputer. Namun, semuanya
dapatmenyediakan informasi untuk pemecahan masalah bagi pegawai di semua
tingkat, termasuk para manajer. Seorang manajer dapat mengkombinasikan OA
dengan perlengkapan komputer dan OA tanpa menggunakan komputer, hal ini dipengaruhi
oleh jenis organisasi, pilihan pribadi manajer yang bersangkutan, dan sumber
daya OA yang tersedia. OA sangat menarik, karena tidak hanya melengkapi media komunikasi
interpersonal tradisional mereka, tetapi juga menawarkan kemampuan komunikasi
model baru. Tulisan ini mencoba menguraikan mengenai latar belakang OA sebagai
awal mula kantor maya sampai bagaimana memilih model kantor maya yang potensial
untuk dikembangkan. Kemampuan OA untuk menghubungkan orang secara
elektronik telah membuka cara baru
melakukan pekerjaan kantor. Bahkan OA membuat pekerjaan kantor tidak perlu dikerjakan di
kantor. Sebaliknya, pekerjaan tersebut dapat dilakukan di manapun saat itu pegawai berada. Istilah
yang diberikan untukkemampuan ini adalah kantor maya, yang berarti bahwa
pekerjaan kantor dapat dilakukan di lokasi
geografis manapun selama tempat kerja tersebut terhubung dengan lokasi tetap perusahaan
melalui komunikasi elektronik.
Keuntungan Kantor, sebagai berikut:
- Pengurangan
biaya fasilitas, perusahaan tidak harus memiliki kapasitas kantor yang
besar, karena sebagian pegawai bekerja di tempat lain, sehingga mengurangi
biaya sewa dan perluasan kantor.
- Pengurangan
biaya peralatan, daripada menyediakan peralatan kantor bagi tiap pegawai,
dengan telecommuter dapat berbagi peralatan seperti halnya para peserta
dalam suatau LAN saling berbagi sumber daya.
- Jaringan
komunikasi formal, karena telecommuter harus terus terinformasi dan mendapat
perintah spesifik, jaringan komunikasi mendapat lebih banyak perhatian daripada
biasanya. Dalam pengaturan kantor tradisional, sebagian besar informasi dikomunikasikan
melalui percakapan dan pengamatan. Meningkatnya perhatian pada kebutuhan
telecommuter berpotensi menghasilkan komunikasi yang lebih baik daripada
jika semua pegawai bekerja di lokasi tetap.
- Pengurangan
penghentian kerja, apabila terjadi gangguan alam seperti: banjir, angin
rebut, dan sejenisnya yang membuat pegawai tidak mungkin pergi ke tempat
kerja, kegiatan perusahaan dapat terhenti. Namun, dengan kantor maya, sebagian
besar pekerjaan dapat dilanjutkan, asalkan jaringan suprastukturnya tidak
mengalami gangguan. Dalam hal ini listrik tidak padam, dan penyedia jasa komunikasi
juga tidak mengalami kemacetan.
- Kontribusi
sosial, kantor maya memungkinkan perusahaan memperkerjakan pegawai yang
tadinya tidak memiliki peluang untuk bekerja. Orang cacat, lanjut usia dan
orang tua dengan anak-anak kecil dapat bekerja di rumah. Oleh karena itu
kantor maya lebih memungkinkan perusahaan menunjukkan tanggung jawab sosialnya.
Keuntungan kontribusi sosial dapat dibagikan ke pegawai yang tadinya tidak
mungkin memperoleh pekerjaan, sebelum kantor maya.
Strategi Kantor Maya yang Disarankan
Linda T. Risse, konsultan manajemen pada Synergy
Planning Incorporated,
mengidentifikasi beberapa kebijakan yang harus
diikuti perusahaan agar mencapai
keuntungan maksimum setelah memilih kantor maya,
sebagai berikut:
a) Sediakan sumber daya komputer, apabila pegawai
tidak dapat menyediakan sendiri perangkat keras dan perangkat lunak, perusahaan
harus menyediakannya.
b) Sediakan akses ke sumber daya informasi, apabila
riset merupakan bagian dari tanggung jawab telecommuter, perusahaan harus
menyediakan sumber daya informasi yang diperlukan seperti database komersial
dari internet.
c) Sediakan perlengkapan nonkomputer, walaupun kantor
maya didasarkan atas data elektronik, kepada pegawai harus diberikan
perlengkapan non-komputer yang mereka perlukan untuk bekerja seperti:
kalkulator, stapler, amplop surat, daftar telepon, manual prosedur, dan
sebagainya.
d) Arrange for forwarding phone calls, someone at the
fixef office site should have the responsibility for forwarding phone calls to
the telecommuter. Also, the firm should make use of a voice messaging system
telecommuters can access from their homes.
e) Gunakan konferensi telepon, konferensi telepon
memungkinkan dua orang atau lebih berpartisipasi dalam pembicaraan telepon pada
saat yang sama. Atasan harus menjadwalkan konferensi telepon secara teratur
sehingga telecommuter berkesempatan terlibat dalam interaksi langsung dua arah.
f) Jadwalkan pertemuan rutin, perusahaan harus
menjadwalkan pertemuan yang perlu dihadiri semua orang. Pertemuan tersebut
dimaksudkan untuk memperkuat rasa kebersamaan di antara pegawai dan harus
dijadwalkan sesering mungkin agar tujuan tersebut tercapai.
g) Lakukan rutinitas kerja, telecommuter harus
berkomitmen untuk bekerja sekian jam sehari, idealnya di suatu ruangan yang
jauh dari gangguan. Teman dan saudara harus memahami bahwa telecommuter itu
sedang bekerja walau ia ada di rumah. Strategi yang terakhir harus diterapkan
oleh pegawai, yang lain adalah tanggung jawab perusahaan. Karena itu agar
berhasil kantor maya menuntut kerja sama baik dari perusahaan maupun pegawai.
Mungkin saja, kantor maya menuntut dedikasi yang lebih besar dari pegawai daripada
yang dituntut kantor tetap. Kantor maya bukanlah untuk semua orang. Jika
pegawai tidak dapat mendisiplinkan dirinya untuk melakukan pekerjaan tanpa
pengawasan dan motivasi, pekerjaan itu tidakdapat dilaksanakan. Untuk pegawai
yang memilih bekerja sendiri, kantor maya merupakan pengaturan ideal.
Zimbra Collabroration Server merupakan mail server yang terdiri
dari beberapa gabungan aplikasi yang digunakan untuk kebutuhan komunikasi data
(e-mail), karena banyaknya fitur yang dimiliki, sehingga aplikasi ini layak
untuk dipakai pada perusahaan kecil, menengah, sekolah, dan lain-lain.
Berikut Kelebihan yang dimiliki
oleh Zimbra :
a) Berbasis Open Source (Tidak ada biaya Lisensi
Software, siapapun dapat menggunakan aplikasi ini)
b) Beroperasi menggunakan Operating System Linux
(Jadi selain aplikasi ini open source juga dapat dijalankan pada OS yang Open
Source juga)
c) AntiVirus dan AntiSpam Handal dan include
secara satu kesatuan dalam mail server
d) Kapasitas User account dan Mailbox tidak
terbatas
e) Pengaturan dan pemeliharaan sangat mudah
dengan Web Administration console
f) Memiliki kemampuan Multi Domain
g) Memiliki pembatasan Quota MailBox per
User
h) Dapat
di gabungkan dengan Fitur Spooling Mail
Beberapa Email Protocol yang ada
pada Mail Server Zimbra :
a. SMTP (Simple Mail Transport Protocol)
b. SSMTP (Secure Simple Mail Transport Protocol)
c. POP3 (Post Office Protocol )
d. POP3S (Secure Post Office Protocol )
e. IMAP (Internet Mail Application Protocol)
f. IMAPS (Secure Internet Mail Application Protocol)
a. SMTP (Simple Mail Transport Protocol)
b. SSMTP (Secure Simple Mail Transport Protocol)
c. POP3 (Post Office Protocol )
d. POP3S (Secure Post Office Protocol )
e. IMAP (Internet Mail Application Protocol)
f. IMAPS (Secure Internet Mail Application Protocol)
Mail Server Zimbra menggunakan 3
pilihan akses Webmail berdasarkan kecepatan koneksi internet yang dimiliki user
yaitu :
a. Advanced Client (AJAX), untuk Kecepatan koneksi user tinggi misalnya min 512 kbps ke atas
b. Standard (HTML), untuk Kecepatan koneksi user sedang misalnya min 256 kbps s/d 384 kbps
c. Mobile, Bila anda menggunakan smartphone atau kecepatan koneksi yang anda miliki GPRS atau dial-up gunakan pilihan ini.
a. Advanced Client (AJAX), untuk Kecepatan koneksi user tinggi misalnya min 512 kbps ke atas
b. Standard (HTML), untuk Kecepatan koneksi user sedang misalnya min 256 kbps s/d 384 kbps
c. Mobile, Bila anda menggunakan smartphone atau kecepatan koneksi yang anda miliki GPRS atau dial-up gunakan pilihan ini.
Untuk Fitur dan menu pilihan yang
tersedia pada webmail Server Zimbra adalah sebagai berikut :
a. Email Folder Sharing (Inbox, Sent Item, Draft dll)
b. Email Tags dan Filtering
c. Basic dan Advanced Search
d. Address Book Sharing
e. Address Book Export dan Import
f. Calendar Sharing
g. Tasks
h. Scheduling
i. Documents Sharing
j. File Sharing (Briefcase)
g. Web Instant Messaging
a. Email Folder Sharing (Inbox, Sent Item, Draft dll)
b. Email Tags dan Filtering
c. Basic dan Advanced Search
d. Address Book Sharing
e. Address Book Export dan Import
f. Calendar Sharing
g. Tasks
h. Scheduling
i. Documents Sharing
j. File Sharing (Briefcase)
g. Web Instant Messaging
Saat ini banyak Aplikasi Email
client yang kompatibel dapat mengakses Mail server Zimbra, Berikut beberapa
aplikasi yang dapat di gunakan oleh user sebagai Email Client yaitu : Zimbra
Dekstop, Outlook Express, Microsoft Outlook, Mozilla Thunder Bird, dan
lain-lain.
Server Zimbra juga dapat berjalan
di semua Web Browser dengan di dukung
pengembangannya oleh Web Browser yang ada, seperti : Microsoft Internet Explorer, Mozilla FireFox, Safari, Google Chrome, dan Opera.
pengembangannya oleh Web Browser yang ada, seperti : Microsoft Internet Explorer, Mozilla FireFox, Safari, Google Chrome, dan Opera.
Perbandingan Mail Server
Pengertian UML : Unified Modeling Language adalah bahasa
spesifikasi yang telah menjadi standar untuk merancang, mendokumentasikan,
menspesifikasikan, dan membangun sistem
perangkat lunak. UML adalah himpunan terstruktur dan teknik untuk pemodelan design program berorientasi objek (OOP) serta aplikasinya.
perangkat lunak. UML adalah himpunan terstruktur dan teknik untuk pemodelan design program berorientasi objek (OOP) serta aplikasinya.
UML tidak
hanya merupakan bahasa visual saja, namun juga dapat secara langsung
dihubungkan ke berbagai bahasa pemrograman, seperti JAVA, C++, Visual Basic,
atau bahkan dihubungkan secara langsung ke dalam sebuah oject-oriented
database. UML sendiri dikembagkan oleh Grady Booch, Jim Rumbaugh, dan Ivar
Jacobson dengan tujuan sebagai alat untuk analisis dan design berorientasi
objek. Pengertian DFD : Data Flow Diagram (DFD) adalah suatu diagram yang
menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data sistem yang
penggunaanya sangat membantu untuk memahami sistem secara logika,
terstruktur dan jelas. DFD merupakan alat bantu yang digunakan untuk menggambarkan atau menjelaskan sistem yang sedang berjalan secara logis.
terstruktur dan jelas. DFD merupakan alat bantu yang digunakan untuk menggambarkan atau menjelaskan sistem yang sedang berjalan secara logis.
beberapa perbedaan antara DFD dan
UML secara garis besarnya saja. Perbedaan DFD dengan UML :
§ DFD merupakan
penggambaran sistem dengan flow(aliran), sedangkan UML mengarah ke sebuah aplikasi yg objek oriented program.
§ DFD ditujukan
untuk prosedural, UML ditujukan untuk paradigma.
§ DFD mengandung
Kamus Data yang berfungsi memudahkan dalam input DBMS, UML tidak mengandung
Kamus Data.
§ DFD cocok untuk
skala kecil, UML cocok untuk skala besar (banyak aktor).
§ DFD hanya satu
diagram, UML ada banyak diagram.
Kajian Office
Automation
Mengapa menggunakan web
?
·
Kelebihan
·
Efektif jika diperlukan percakapan dua
arah dan dengan jarak yang jauh
·
Kemudahan dalam mengakses data di
berbagai tempat dan tanpa penginstalan
·
Keamanan penyimpanan data, sehingga
tidak perlu menyimpan didalam hardisk yang sewaktu – waktu hardisk tersebut
mengalami kerusakan ( No Detect )
·
Kekurangan
·
Harus terkoneksi dengan internet
·
Mengapa menggunakan
dekstop ?
·
Kelebihan
·
Tanpa harus mengunakan koneksi internet
·
Mudah dalam memodifikasi settingannya
·
Dapat berinteraksi dengan hardware yang
ada di komputer client
·
Kekurangan
·
Tidak dapat diakses di berbagai tempat
·
Tidak dapat berkomunikasi dengan jarak
jauh
· Tingkat keamanan yang masih kurang,
karena penyimpanan data melalui hardisk komputer. Jika hardisk tersebut rusak,
maka menggangu data yang tersimpan.
MySQL memiliki beberapa
keistimewaan, antara lain :
1.
Portabilitas. MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem
operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga, dan
masih banyak lagi.
2.
Perangkat lunak sumber terbuka. MySQL
didistribusikan sebagai perangkat lunak sumber terbuka, dibawah lisensi GPL
sehingga dapat digunakan secara gratis.
3.
Multiuser. MySQL dapat digunakan oleh beberapa pengguna dalam
waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.
4.
Performance
tuning, MySQL memiliki kecepatan yang
menakjubkan dalam menangani query sederhana, dengan kata lain dapat
memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.
5.
Ragam tipe
data. MySQL memiliki ragam tipe data
yang sangat kaya, seperti signed / unsigned integer, float, double, char,
text, date, timestamp, dan lain-lain.
6.
Perintah dan
Fungsi. MySQL memiliki operator dan
fungsi secara penuh yang mendukung perintah Select dan Where dalam
perintah (query).
7.
Keamanan. MySQL memiliki beberapa lapisan keamanan seperti
level subnetmask, nama host, dan izin akses user dengan sistem
perizinan yang mendetail serta sandi terenkripsi.
8.
Skalabilitas
dan Pembatasan. MySQL mampu menangani
basis data dalam skala besar, dengan jumlah rekaman (records) lebih dari
50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 milyar baris. Selain itu batas indeks yang
dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.
9.
Konektivitas. MySQL dapat melakukan koneksi dengan clients
menggunakan protokol TCP/IP, Unix soket (UNIX), atau Named Pipes (NT).
10. Lokalisasi.
MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada clients dengan menggunakan lebih
dari dua puluh bahasa. Meski pun demikian, bahasa Indonesia belum termasuk di
dalamnya.
11. Antar Muka.
MySQL memiliki antar muka (interface) terhadap berbagai aplikasi dan
bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application Programming
Interface).
12. Clients dan Peralatan. MySQL dilengkapi dengan berbagai peralatan (tool)
yang dapat digunakan untuk administrasi basis data, dan pada setiap peralatan
yang ada disertakan petunjuk online.
Referensi
http://tugaskuliahsim.blogspot.com/2012/01/pengertian-otomatisasi-kantor-office.html,
Fernando Andrean
http://en.wikipedia.org/wiki/Comparison_of_mail_servers
0 komentar:
Posting Komentar