GRUB Ngambeg Karena Cinta Windows Terbagi Dua dengan Linux


Sering kali menggunakan system operasi yang berbasis open sorce itu menimbulkan banyak sekali masalah, salah satu contohnya adalah yang sedang penulis alami barusan, yaitu error pada GRUB, atau pada saat masuk ke windows tapi langsung keluar black screen dan muncul tulisan “error file system, grub rescue”. Error merupakan kata yang paling menyebalkan. Apalagi disaat kita sedang melakukan kegiatan penting di komputer, terutama yang tiap hari kerjaannya berkutat di komputer seperti penulis ini, secara penulis adalah mahasiswa teknik informatika. Sekedar tambahan ilmu, ubuntu menggunakan GRUB (Grand Unified Bootloader) sebagai boot-loader/boot-manager yaitu sebuah program kecil dan juga bagian dari system operasi yang nantinya akan memuat system operasi yang biasanya tertanam pada harddisk, kebayangkan kalau GRUB ini ngambek dan error, bisa-bisa kita galau karena tidak bisa masuk ke system operasi. Alasan grub ini ngambek atau error itu banyak, satu yang paling utama adalah tertimpa oleh bootloader system operasi yang lain misalnya windows. Karena dasarnya windows ini agak serakah jadi hilang deh pilihan untuk masuk ke Ubuntu padahal Ubuntu sudah nyediain grub sendiri lo pasca instalasi, dasar windows,,,!!!. Ini sangat sering terjadi di kalangan pengguna dualboot, penulis sendiri menggunakan dualboot antara Windows 8 Profesional dengan Ubuntu 12.10 (Quantal Quetzal). Ubuntu sendiri mulai menggunakannya sejak Ubuntu 9.10 (Karmic Koala) dirilis. Masalah-masalah yang sulit seperti ini kita tidak bileh menyerah dengan masalah yang dihadapi karena pasti ada solusinya. Ini rumus-rumusnya untuk mengembalikan grub, dan telah berhasil di uji oleh penulis sendiri:
  1. Bacalah doa….:D
  2. Penulis anggap anda semua punya live CD/USBnya, soalnya kalau anda menggunakan linux pasti ada osnya, jadi gunakan live CD/USB anda untuk merepair, jadi booting lewat live CD/USB dan buka terminal di ubuntunya.
  3. Ketikkan sudo fdisk –l ,untuk melihat partisi linux anda.
  4. Lalu ketikkan sudo mount /dev/sd4 /mnt , sda4 itu contoh partisi linux, jika partisi anda di sda yang berbeda, silahkan ganti sesuai pertisi linux di komputer anda.
  5. Selanjutnya ketik sudo grub-install –root-directory=/mnt/ /dev/sda
  6. Jika prosesnya berhasil biasanya akan menuggu waktu sebentar dan jika sudah selesai akan muncul tulisan finish installed, dan tidak ada error yang terjadi.
  7. Silahkan restart komputer anda dan boot dari hardisk


Dan kini anda dapat tersenyum kembali deh..:D
Bagaimana mudah bukan???....

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / riffStudio

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger