Effek dari mandi malam


 Sekembali dari kerja, badan kita so pasti penat, lelah dan capek. Bagi yang bekerja di luar ruang badan pasti penuh dengan keringat dan debu kotoran yang menempel di tubuh kita. Sedangkan bagi yang bekerja di dalam ruang apalagi ber-ac kemungkinan untuk berkeringat sangatlah kecil namun capek dan letih pasti akan melanda tubuh kita. Keluhan-keluhan tersebut merupakan sinyal alami dari tubuh kita agar kita beristirahat karena beban aktifitas yang telah kita lakukan sedari pagi. “Mandi” adalah alternatif yang paling banyak di ambil agar kita kembali segar baik itu dengan air dingin ataupun air hangat. Namun bagi yang lembur, dan pulang kerja sampai malam hari, mandi di malam hari adalah sebuah pilihan yang sulit. Baik karena suhu yang dingin ataupun dampak dari mandi di malam hari dengan air dingin bagi kesehatan tubuh kita.


Menurut dr R Sutomo Slamet Iman Santoso, ahli penyakit dalam, sebenarnya waktu yang optimal untuk bekerja adalah delapan jam sehari agar tidak mengganggu kesehatan. Tentu tidak ada larangan Anda bekerja lebih dari delapan jam. Namun, bila terus-menerus, seiring bertambahnya umur ketahanan badan akan menurun perlahan-lahan.
Badan lengket saat bekerja di ruangan ber-AC menandakan konsentrasi cairan di badan sudah berkurang. Ruangan dingin sifatnya akan menarik sebagian air dari badan kita. Dengan demikian, komposisi cairan tubuh juga akan berubah. Kadang-kadang, walaupun kita merasa segar di ruangan ber-AC, sesungguhnya badan kita sudah sangat penat. Hal-hal ini memungkinkan pertahanan tubuh Anda berkurang secara perlahan-lahan dan Anda tidak menyadarinya.
Mengenai mandi malam, sebenarnya hal itu tidak menjadi masalah jika orang tersebut dalam keadaan fit (segar). Tentu ada cara-cara mandi malam yang relatif aman untuk tubuh, misalnya tidak mandi malam dengan air dingin dan dalam keadaan badan gerah sekali. Ini dapat berbahaya. Anda bisa merasakan jantung berdebar-debar kalau hal itu dilakukan, bukan?
Bila ingin mandi malam, keadaan badan Anda harus segar, tidak terlampau letih seperti yang Anda utarakan. Siramkan air mandi dari bak ke tubuh secara bertahap sehingga badan akan menyesuaikan diri dengan air dingin tersebut (badan tidak kaget). Namun, kalau sudah sangat letih dan gerah, sebaiknya Anda istirahat terlebih dahulu untuk mendinginkan badan agar tidak kaget saat mandi.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / riffStudio

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger