Windows 8 Penerus Windows 7

Setelah merelease Windows 7 pada tahun 2009, kini Microsoft tengah mengembangkan generasi penerus Operating System Windows 7 yaitu Windows 8.Windows 8 merupakan proyek OS pertama Microsoft yang menggabungkan platform dekstop dan tablet. Windows 8 merupakan “ reimagining Windows from the chip to the interface”. Sejak bulan September 2011 microsoft telah menyediakan link download Windows 8 Developer Preview pada situs resmiya. Namun karena instaler windows 8 ini masih dalam pre-beta version maka kemungkinan operating system ini masih belum stabil saat diinstal di komputer. Meskipun belum diluncurkan sudah menarik perhatian banyak orang. Buktinya saat peluncuran Windows 8 Consumer Preview pada bulan Maret 2012 kemarin, pada hari pertama saja Windows ini telah diunduh oleh lebih dari satu juta orang. Dan ini merupakan angka yang cukup fantastis mengingat dalam satu hari bisa diunduh oleh lebih dari satu juta orang yang ingin segera merasakan sensasi menggunakan varian windows terbaru ini di komputer mereka. Windows 8 ini memiliki tampilan user interface yang menarik dan khusus dikembangkan untuk digunakan di layar touchscreen. Microsoft menyebut windows 8 sebagai sistem operasi bergaya metro. Windows 8 akan tampak sempurna fungsi dan fiturnya jika digunakan dengan komputer-laptop berlayar sentuh, namun windows 8 juga dapat digunakan di komputer biasa dengan mengoperasikan mouse. Di sistem operasi terbaru microsoft ini, nantinya pengguna dapat men-sharing-kan file-file di hardisknya melalui internet (teknologi cloud computing-kmputasi awan). Sistem operasi ini adalah penyempurnakan fitur/aplikasi Task Manager dan Windows Explorer-nya. Juga fleksibilitas yang lebih baik untuk penggunaan banyak layar (multi-screen).pendekatan baru ini memberikan lebih banyak pilihan pada pengguna untuk menggunakan apapun jenis perangkat yang diinginkan, dengan peripheral yang diinginkan, untuk menjalankan aplikasi di komputer anda. Hal ini pasti menginspirasi generasi baru perangkat keras dan pengembangan perangkat lunak, serta meningkatkan pengalaman bagi pengguna PC di seluruh dunia. Kebutuhan minimum Windows 8 yaitu

1.      Processor : 1 GHz 32-bit (x86) atau 64-bit(x64)

2.      RAM : 1 GB RAM (32-bit) atau 2 GB RAM (64-bit)

3.      Harddisk space : 16 GB untuk (32-bit) atau 20 GB (64-bit)

4.      DirectX 9 graphics device with WDDM 1.0 or higher driver

5.      Membutuhkan monitor yang mendukung touch screen (supports multi-touch screen)

6.      Untuk run Metro style Apps, dibutuhkan screen resolution minimal 1024 X 768 pixel




Kelebihan Windows 8 dan fitur-fitur baru windows 8 yang siap memanjakan penggunanya. Berikut ini seputar kelebihan dan fitur baru dari tampilan antarmuka windows 8 antara lain 

1.      Fast launching of apps from a tile-based Start Screen. Lebih cepat dalam menjalankan aplikasi dari layar tile-based (layar berbasis ubin), yang menggantikan menu start windows dengan tampilan aplikasi yang disesuaikan dengan skala layar. Seperti pada gambar dibawah ini.


2.      Lives tiles with notifications, selalu menampilkan informasi yang up-to-date dari aplikasi anda.

3.      Fluid, natural switching between running apps. Lebih cair atau lebih lembut dan perpindahan aplikasi yang lebih alami.

4.      Convinent ability to snap and resize an app to the side of the screen, lebih nyaman dan mempunyai kemampuan untuk melakukan snap dan mengubah ukuran sebuah aplikasi ke sisi layar, sehingga anda benar-benar bisa menggunakan kemampuan multitasking dari windows.

5.      Web-connected and Web-powered apps built using HTML5 and JavaScript. Optimasi Web-connected dan dilengkapi dengan aplikasi web bertenaga ang dibangun menggunakan HTML5 dan JavaScript yang memiliki akses kekuatan penuh dari PC.

6.      Fully touch-optimized browsing, with all the power of hardware-accelerated Internet Explorer 10. Penuh sentuhan dengan fitur browsing yang dioptimalkan, dengan semua kekuatan hardware-accelerated Internet Explorer 10. Dan Internet Explorer 10 dijanjinkan membawa perubahan besar ketimbang versi IE terdahulu. Browser ini diklaim sangat ramah digunakan baik dalam tablet maupun PC. Berikut adalah tampilan baru dari Internet Explorer 10 yang turut mengusung tema metro

7.      Pengguna Windows 7 dapat dengan mudah mengupgrade OS ke windows 8 tanpa perlu khawatir dengan kompatibilitas perangkat lunak dan peripheral.

8.      Dioptimalisasi untuk layar sentuh. Windows 7 memang support layar sentuh, namun tidak optimal dari sisi desain dan kemudahan pengoperasian. Berbeda dengan windows 8, interfacenya yang dijuluki sebagai Metro benar-benar dioptimalkan untuk sentuhan dengan wujud ala interface Windows Phone.

9.      Windows 8 tak hanya baik digunakan di prosesor standar Intel atau AMD, yang selama ini lazim digunakan di komputer dekstop. Windows 8 pun  mendukung perangkat yang memakai infrastuktur chip ARM. Hal ini diharapkan memperluas jangkauan Windows 8 di arena tablet, mengingat kebanyakan tablet yang beredar saat ini memakai chip ARM. 

10.  Apple.Inc benar-benar membuat Microsoft iri dengan adanya Apple Store yang cukup menunjang pendapatan Apple. Microsoft juga meluncurkan toko aplikasi Windows Store. Windows 8 akan memiliki toko aplikasi sendiri yang dinamakan Windows Store. Windows Store menyediakan berbagai aplikasi yang dioptimalkan untuk Windows 8.

11.  Mendukung NFC( Near Field Communications). Windows 8 akan mendukung NFC, sebuah teknologi yang kegunaanya antara lain untuk transaksi keuangan digital. Tablet yang memakai Windows 8 pun kemungkinan besar akan otomatis menyertakan fitur ini.

12.  Waktu boot yang singkat Windows 8 dalam demonya hanya berlangsung dalam 8 detik. Sebuah waktu yang jauh lebih singkat dibandingkan booting di windows versi sebelumnya.

13.  Security yang lebih baik, pada windows 8 dikatakan akan memiliki fitur sekurity lebih baik untuk menghadang serangan cyber. Di antaranya fitur Windows Defender lebih ditingkatkan kemampuannya di OS ini.

14.  Windows 8 tidak membutuhkan upgrade PC. Microsoft menyatakan komputer yang bisa menjalankan Windows 7 dapat pula menjalankan Windows 8 sehingga user tak perlu upgrade PC. Menurut Microsoft, procesor Intel Atom dan RAM 1 GB sudah cukup untuk menjalankan OS ini.

Windows 8 masih konsisten dengan memiliki tampilan yang sangat berbeda dengan sistem operasi iOS milik Apple. Tampilan home screen di Windows 8 pun dinilai persis seperti yang selama ini ada di Windows Phone dengan sejumlah kotak yang warna-warni berisi apps, koneksi, dan fitur. User interface yang dinamakan “Metro” ini akan memiliki akses cepat, namun juga memiliki tampilan Windows Klasik. Tampilan Metro juga menyediakan kontrol sentuh, yang menjadi sinyal Microsoft akan mengembangkan sistem operasi untuk tablet. Sistem operasi terbaru Windows ini juga menghemat memory, jika pada Windows 7 ‘memakan’ memori sebesar 404 MB, sedangkan Windows 8 hanya sebesar 281 MB. Dengan demikian akan banyak ruang untuk aplikasi.

Namun dengan 'berlimpahnya’ fitur-fitur baru pada windows 8 yang membuat orang terpesona dengan fungsi-fungsinya yang canggih, ternyata banyak para developer yang melihat masih terdapat kekurangan pada OS yang digadang-gadang menjadi andalan Microsoft di masa depan. Untuk itu Microsoft harus mengetahui kelemahan Windows 8 dan segera memperbaikinya agar OS andalan mereka ini bisa terlihat sempurna. Meskipun tidak ada yang sempurna di dunia ini.

Berikut ini adalah fitur-fitur baru di Windows 8 yang tidak ada di Windows versi sebelumnya, sekaligus sejumlah kelemahannya menurut developer

1.      Metro Multitasking. Jika menggunakan aplikasi metro (untuk tablet) di windows 8, screen akan menampilkan dua aplikasi secara berjajar. Untuk pemula hal ini tidak akan menjadi masalah besar. Namun bagi advanced user, kemampuan Metro dengan multitasking hanya untuk dua aplikasi merupakan kelemahan yang fatal karena mengurangi ruang layar untuk kerja aplikasi.

2.      Tumpang tindih Metro UI dan Aero UI. Developer menemukan adanya pergatian secara terus-menerus yang terjadi antara tile-based Metro UI dan glassy Aero UI. Hal tersebut dinilai tidak masuk akal dan sangat membingungkan. Berpindah-pindah dari aplikasi Metro dan aplikasi dekstop sangat sulit dilakukan.

3.      Metro memang bisa bekerja baik di tablet tapi UI tersebut sangat tidak kompatibel jika digunakan pada dekstop. Sulit dilakukan untuk Notebook. Sehingga secara default Windows 8 tidak mungkin bisa melakukan booting ke Metro UI. Dengan kata lain Microsoft perlu memberikan kill-switch untuk mematikan Metro UI.

4.      Saat Microsoft memperkenalkan System Tray, fitur tersebut disebut sebagai hal penting sehingga didesain agar user mudak mengaksesnya dan melihat status dari aplikasi tertentu akan sangat cepat dilakukan. Tapi kini dalam windows 8, system tray malah akan sangat mengganggu. Di Windows 8, Metro UI dekstop akan menjadi System Tray terbaru. Setiap aplikasi akan membutuhkan system tray. Dan semakin banyak aplikasi yang dijalankan, maka system tray akan menggelembung. Meski Microsoft berjanji akan memberikan aplikasi yang ringan dan mudah dijalankan, namun jika menggunakan iTunes untuk streaming dan ada banyak aplikasi lain yang dijalankan, bisa kita bayangkan apa yang akan terjadi pada tablet kesayangan kita. Crashed!!!

5.      Tidak adanya opsi untuk mengubah tiles menjadi icons. Ukuran tiles terkecil, tampilannya masih terlalu besar. Saat nantinya kita menginstall banyak aplikasi maka screen Metro akan terlihat semrawut.

Dari kelemahan yang dideteksi, sepertinya Microsoft memang harus melakukan perbaikan, melihat banyaknya kelemahan pada OS terbaru mereka, Windows 8.


0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / riffStudio

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger